MANFAAT SIFAT MALAS

 




Berikut adalah manfaat yang kerap diabaikan dari kemalasan:

Tidak Rentan Kelelahan

Akademisi Dr. Isabelle Moreau mengatakan kepada Independent, "Kita harus bekerja lambat saat kita memilih makanan lambat: kualitas daripada kuantitas, dengan waktu luang yang tersisa untuk beristirahat dan berpikir, bukan hanya untuk menghasilkan," ia pun juga menambahkan, "kebosanan dan kemalasan harus digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan kembali kendali atas tubuh sendiri dan waktu sendiri."


Waktu yang tidak produktif membantu kita mengelola stres kita

Manfaat hidup malas yang jarang diketahui yaitu dapat digunakan untuk mengelola stressPenelitian menunjukkan bahwa menunda-nunda pekerjaan dan menghabiskan waktu yang tidak produktif dapat membantu kita mengatasi stres. Hal ini terutama berlaku untuk remaja. Kegiatan (atau kekurangannya) yang mungkin dianggap malas oleh orang dewasa diperlukan untuk kesehatan mental anak muda.


Waktu malas mendorong pemikiran yang menyebar

Pikiran kita memiliki dua cara berpikir: cara berpikir yang menyebar dan cara berpikir yang terfokus. Kita perlu mempertahankan osilasi konstan antara dua mode untuk menjadi kita yang paling kreatif dan produktif. 

Pikiran yang mengembara, suatu bentuk pemikiran yang menyebar, adalah mekanisme yang berguna bagi otak kita untuk memproses informasi—terkadang mengarah ke solusi yang tidak jelas. 

Manfaat lain dari membiarkan pikiran kita mengembara tanpa memperhatikan tugas produktif adalah fokus yang lebih tinggi pada tujuan jangka panjang, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Consciousness and Cognition. Sedikit waktu malas hari ini, untuk waktu yang lebih produktif besok.


Menjadi malas adalah cara untuk mengisi ulang cadangan energi kita

Istirahat dan bermalas-malasan memiliki konotasi yang kurang merendahkan dibandingkan dengan kemalasan, tetapi efek positifnya serupa. Ada penelitian ekstensif yang menunjukkan manfaat tidur siang dan istirahat teratur, berguna untuk meningkatkan kesehatan mulai dari menurunkan tekanan darah hingga menjernihkan pikiran.


Adanya kemajuan teknologi

Peran teknologi adalah memudahkan pekerjaan manusia. Seperti mesin uap temuan James Watt yang menandai revolusi industri pertama, temuan tersebut berhasil membantu manusia memangkas waktu kerja mereka. Namun ada fakta menarik di balik lahirnya teknologi baru. "Teknologi terus mengalami perkembangan karena manusia semakin malas. Manusia menciptakan mesin agar bisa semakin menikmati kemalasan mereka," ujar Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Armand W Hartono di Social Media Week 2017.

 Meski demikian, Armand mengakui bahwa untuk memperkenalkan sebuah teknologi baru bukanlah perkara yang bisa selesai dengan bermalas-malasan. Bahkan ketika ada teknologi baru muncul, perusahaan masih harus siap dengan kemunculan penolakan atau keluhan. “Pada 2000, BCA memperkenalkan Web Publik, Internet Banking dan BCA Mobile. Nasabah kami yang senior ternyata banyak yang tidak tahu dan mengeluh. Namun, kita harus jalan terus," jelas Armand. Di dunia perbankan, 

teknologi memiliki fungsi untuk membuat suatu proses menjadi lebih efisien. Misalnya, berkat adanya ATM dan Internet Banking, nasabah tak perlu lagi repot ke kantor cabang untuk melakukan transaksi. Armand memberikan contoh lain. Pada 1995, BCA mulai meluncurkan Kartu Debit dan electronic data capture (EDC) untuk mempermudah pembayaran. Respons nasabah pada saat itu adalah enggan mencoba, dan karena lebih suka pergi ke kantor cabang. “Namun, kami harus terus melakukan sosialisasi,” tambah Armand. Konsistensi dalam melakukan sosialisasi tersebut berhasil membuat teknologi baru dari perusahaan berkode emiten BBCA itu berhasil diterima khalayak. Seperti Internet Banking yang akhirnya diakui membuat transaksi lebih cepat, baik bagi nasabah maupun bank. "Nasabah tak perlu lagi datang mengantre ke kantor cabang. Kini, hanya 3 persen transaksi dilakukan di kantor cabang BCA,” jelas Armand. Berkat teknologi, pencapaian tersebut bisa terjadi. Armand memberikan gambaran, dulu dengan 24 ribu karyawan, pihaknya hanya bisa melayani dua juta transaksi per hari. Kini, dengan jumlah karyawan yang sama dan bantuan teknologi, pihaknya bisa melayani lebih dari 20 juta transaksi per hari. 


Sumber: smart-money.co dan compas.com







Posting Komentar

0 Komentar